Rabu, 12 April 2017

ngobrol singkat bareng dr.spkk

oh hai, balik lagi ke blog yang random namun semoga bermanfaat.
kali ini bukan tulisan berparagraf melainkan hanya petikan wawancana (?)-obrolan casual bersama seorang dokter Spkk.

Jerawat pasir
s: dok di jidat saya ini banyak jerawat deh kecil-kecil segede pasir tapi nggak meradang, nggak pernah mulus *ekspresi sedih, padahal rasa-rasanya cuci mukanya sudah bener, trus karena nggak meradang jadi nggak saya oles obat jerawat
d: coba saya liat, oh itu komedo
s: itu gara-gara kenapa ya dok?
d: ya karena kamu sudah dewasa
s: eh? (bingung)
d: orang dewasa nggak cuma memproduksi keringat tapi juga minyak/sebum. nah pori-pori yang biasa cuma cukup untuk dilewatin keringat juga harus dilewatin sama si minyak. tapi si minyak ini kadang bebal, menumpuk lalu mengeras di pori-pori jadinya membentuk komedo
s: trus bisa diobatin kah?
d: bisa sih dikasih krim anti acne. Eh tapi nggak usah lah
s: loh?
d: kamu beruntung jidat kamu cuma dikasih acne tipe begitu doang bukan yang merah-merah meradang
....
s: hmm
ini dokter apa temen siih? 😍

Sunblock
s: sunblock itu perlu nggak sih dok?
d: perlu, itu perawatan paling minimal untuk wajah. emang kenapa?
s: nggak itu dok liat di internet kayak kontroversi gitu, ada yang bilang penting untuk selalu dipake, ada yang bilang nggak perlu kalo nggak lama kena mataharinya
d: berada di dalam rumah aja sebaiknya juga pake sunblock loh. soalnya wajah kita menua itu salah satunya karena faktor paparan sinar matahari, selain dari faktor genetik&asupan makanan
s: kalo jumlah spf nya?
d: minimal spf 30. tapi untuk bagian yang terbuka aja (kalo kamu berjilbab ya cuma wajah, bisa juga tangan) dan harus diulang penggunaannya setiap 2 jam sekali

Mengecilkan pori
s: pori-pori itu bisa dikecilkan nggak sih dok?
d: bisa dengan laser
s: ooh jadi bisa, kalo dengan cari lain?
d: bisa sih dengan obat/krim tapi mungkin prosesnya bakalan bertahun-tahun. emang pori-pori muka kamu gede apa?
s: sepertinya sih begitu
d: ah enggak ah. lah berarti pori-pori saya juga gede dong kalo kamu bilang begitu. tapi ukuran pori-pori relatif sih ya tergantung perasaan masing-masing hihi *eh si dokter becanda. jadi cara kerja laser ataupun krim tadi akan mengecilkan ukuran kelenjar sebum sehingga tampilan pori juga akan mengecil

ps: baru kali ini ketemu dokter yang nggak cuma ramah tapi juga asik, welcome banget bisa nanya banyak ^^

sekian info yang nampak berfaedah kali ini, lain kali balik lagi yaa :)

Kamis, 19 Januari 2017

mungkin belum


menanti

bersabar

berdoa

mengiringi dengan sebaik-baik usaha 

Sabtu, 31 Desember 2016

desember & persinggahan

Desember yang begitu arif

diizinkannya hujan gerimis rintik jatuh sampai ke tanah

hingga yang pucuk siap mekar musim nanti

dibiarkannya angin berhembus menyapa dahan

melewati sepinya lembah-lembah

dingin, lelah, tapi kamu bukan yang patah arah

jikalau harus bersinggah kamu yakin pasti ada hikmah


terinspirasi dari Hujan Bulan Juni

Selasa, 29 November 2016

nourish acne gel

Pada tipe kulit wajah berminyak, masalah yang sering muncul adalah je ra wat. Gapapa i like myself (kata kirana). good news udah beberapa bulan ini alhamdulillah saya sudah menemukan skincare yang lumayan bisa mengatasi jerawat yang sudah dan akan muncul. 

Nourish Acne Gel, yep, rekomendasi salah satu teman yang punya toko kosmetik dan paham sama masalah kulit konsumennya *ajib. Dan syukurnya emang tepat rekomendasinya, bekerja dengan baik di kulit saya.

Curhat dikit, sebelumnya saya pake acne gel dan pelembab yang emang dikhususkan untuk jerawat dari brand yang kini sangat terkenal (6 huruf, tulisannya biru, ya ya bisa jadi bisa jadi) dipake aja terus gitu, padahal nggak ada progressnya berbulan-bulan atas dasar percaya, pinnterr. padahal khusus untuk kulit berjerawat loh, tapi di muka saya malah bikin kasar, mengkilap dan jerawatnya nggak beres-beres. sampai akhirnya saya sadar dan bertekad untuk mencari skincare lain, haduuuh luama banget sadarnya, next.
 
Nourish Acne Gel ini seperti pada kebanyakan gel jerawat, menggunakan Salicilyc Acid yaitu bahan aktif yang terbukti ampuh mengatasi jerawat (cuma paham satu bahan itu doang). Kalo menurut cara pakai yang tertera di kemasan, gel ini digunakan pagi, siang dan malam sampai jerawat mengering. Tapi sesuai saran temen, olesnya pas malam aja jadi tidak terkontaminasi make up yang kita pake siang hari dan olesnya pake cottonbud #catet.

Waktu itu ada muncul kemerahan bakal jerawat di bagian pipi, saya oles acne gel tadi pada malam hari. Voilaa besoknya rednessnya turun dan pada jerawat yang bakalnya memang sudah ada tonjolan terbentuk bagian putih yang menandakan jerawat itu sudah matang (dan siap dihidangkan x bukaaan). Untuk jerawat yang kasusnya sangat ringan, keesokan harinya bahkan benar-benar hilang tanpa menyisakan bagian putih alias udah kabur aja entah kemana *maagic. Sayangnya, kadang gel ini membuat kulit sekitar jerawat akan cenderung kering dan mengelupas, mungkin memang begitu cara kerjanya, tapi nggak gitu masalah sih, setelah perawatan selesai dan gelnya nggak dipake lagi kulitnya udah nggak ngelupas lagi kok. intinya ampuh dalam semalam. tapi beberapa jerawat ada juga yang perawatannya 2-3 hari tergantung situasi dan kondisi (psikis juga kejiwaan) kali ya.
okelah udah dulu sharing kali ini, siapa tau kalian juga cocok dan jerawatnya bisa teratasi ya, lain kali balik lagii ^^

Selasa, 01 November 2016

summer market vol.3

rencana dadakan selalu berhasil yups. tapi ya karena pas aja yang diajakin jalan juga lagi nggak sibuk. yeaa akhirnya weekend jalan-jalan ke luar kota, sore pula, jarang-jarang. yang paling disiapin adalah kamera haha, karena niat banget buat dibagi di blog soalnya lagi bingung belakangan ini mau posting apa dan tentunya nyiapain "perut kosong" karena bakalan banyak banget kuliner di sana wuhuu. summer market kali ini berlokasi di perumahan Citraland km.8

summer market vol.3 bertema halloween
ngomong-ngomong soal tema, mumpung oktober coba temanya autumn aja ya hihi maunya. semoga yang selanjutnya yaa *kedipin eo
lupa dokumetasiin waktu ada anak-anak lucu perform di panggung huhu
bazaar pakaian dan aksesoris untuk anak-anak hingga dewasa



salah satu yang paling menarik perhatian saya: skincare berbahan natural, ada sabun, face oil, lipbalm.
food festival
paling niat dekorasi halloweennya
jajaaaan
nggak ngerti setiap ada takoyaki di mana aja pasti pingin beli. kuingin ke jepang bertemu tako dan okonomiyaki
cemilan sehat kripik sayur dan buah
bakmie ayam yumm yumm
santai sore bersama keluarga
bapak baju-garis-hitam-putih siap sedia menjaga kebersihan area festival, makasih pak ^^
beranjak malam




Selasa, 11 Oktober 2016

september oktober

hujan mengguyur sore di hari-hari yang paginya dihiasi teriknya matahari. kadang setiap hari, bahkan sepanjang hari. saya harap kesehatan senantiasa Dia berikan pada saya, keluarga dan orang-orang yang saya sayangi. rahmat hujan selalu kami syukuri, entah itu saya juga teman-teman di sosial media, cukuplah hujan menjadi manfaat untuk semesta. tapi saat melihat siaran televisi, oh pilu juga hati, semoga saudara-saudara kita korban bencana alam diberikan kekuatan dan kesabaran lebih.
angin terasa lebih kencang menerpa wajah. banyak suara-suara yang coba tidak saya masukkan ke hati. banyak perkataan yang hanya ingin saya lewatkan di kuping tanpa harus mencernanya di otak. sesekali cuek itu mungkin solusinya. menahan emosi untuk berdebat itu kadang melelahkan, tapi akan lebih lega saat kita berhasil diam.
harapkan gerimis hujan menyapu hal-hal yang tidak berkenan dan yang tidak sejalan dengan hati, hingga semuanya akan menjadi lebih baik.

Senin, 03 Oktober 2016

bakmie

rencana wisata kuliner kali ini berawal dari ica yang pengen nyari bakmie enak katanya. tapi berhubung di Banjarbaru itu nggak banyak pilihan yang bentukannya seperti gambar yang dia kirim ke grup chat jadi saya kasih masukan untuk ke Banjarmasin aja. beberapa waktu sebelumnya saya share juga di grup wa satu postingan blogger tentang warung bakmie enak di kota Banjarmasin. berhubung the geng juga lama enggak jalan-jalan nih ke Banjarmasin, maka diaturlah rencana akhir pekan itu. awalnya kita masih bingung mau perginya hari sabtu atau minggu. kalo sabtu saya masih harus ke kantor sampai siang, mepet deh kayaknya kalo mau jalan-jalan lama. trus si ozi katanya ada kemungkinan akan training kerja hari senin. tapi ternyata dia cuma tanda tangan kontrak senin itu. so, kita bisa jalan-jalan santai seharian hari minggu. cuusss gengss.
yeaa sampailah kami di salah satu warung bakmie yang reviewnya sudah saya baca sebelumnya. nama warungnya (atau rumah makan?) adalah Bakmi Titi tepatnya di jalan Veteran, Banjarmasin. kalo orang banjar denger veteran biasanya langsung terpikir rumah makan yang tidak halal. tapi yang ini halal kok insyaAllah. kakak saya pernah cerita kalo dia juga sering makan di situ tapi yang selalu dia pesan cuma bubur ayam yang kata dia juga enak. oke bakmi yang saya pesan kali ini adalah bakmi ayam jamur. harganya Rp 23.000 per/porsi cukup pricey untuk semangkok mie di rumah makan biasa. tapi porsinya saya nilai cukup bikin kenyang (banget, buat saya) dan topingnya terdiri dari jamur dan ayam kampung jadi wajar aja kali harganya segitu. pelengkapnya ada kuah kaldu, sebagai pilihan kalo kamu ingin lebih berkuah, tapi lupa saya foto. cita rasanya kalo saya bilang citarasa rumahan, minimalis. bentuk mie nya kecil agak pipih kenyal, katanya mie nya ini homemade. enak, saya suka, mau balik lagi ke sini kapan-kapan.

perjalanan wisata kuliner hari itu nggak berhenti sampai di warung bakmie aja dong. selepas dzuhur, selanjutnya kita ke mall, muter-muter-muter dan akhirnya kita pada kehausan. kami memilih untuk cari es campur atau es serut gitu. berhentilah kita di The Arther dan kita bertiga sama-sama pesen Manggo Dessert (bener nggak ya namanya?). isinya tentu ada potongan buah mangganya, puding mangga, jelly, agar-agar, es krim vanilla dan yang paling saya sukaaa es seruuuttt. tapi sayangnya saya kurang menikmati dessert tadi, karna apa, saya kedinginan pemirsah, konyol bukan, saya langsung pasang jaket ahahaha, blower ac di foodcourt kenceng bangeett suasananya jadi nggak mendukung deh, huh, padahal es serutnya masih banyak tersisa di mangkok saya, tapi cukup melegakan dahaga lah ya. harganya sekitar Rp 35.000 (termasuk pajak).
sebenernya pulangnya kita cari makan lagi. pemberhentian selanjutnya adalah Warung Blitar, di daerah Liang Anggang, Banjarbaru. tapi saya nggak sempat foto-foto karena sudah kecapean, maapin yah. sepiring nasi, telur bumbu bali, sayur lodeh, dan air putih hangat, dihargai Rp 12.000 wuaah murah tapi juga enaak, happy tummy.

ada satu cerita, situasi yang bikin saya panik hari itu. sewaktu ngeluarin dompet di foodcourt saya baru menyadari kalo henpon saya hilaaang. aduuh panik bangeet. temen saya nggak berenti nelponin nomor saya dan masih nyambung katanya. kita coba menelusuri jalanan yang kita lalui tadi. kira-kira 10 menit kemudian telponnya di angkat, ternyata henpon saya ketinggalan di department store, di satu sudut rak sepatu. ceroboh banget dah. alhamdulillah ketemu. saya udah berpikir kalo hilang aja di copet orang, hiks. pelajaran hari itu ya nggak usah lah main-main hape kalo lagi coba-coba sepatu atau baju hehe.

Selasa, 27 September 2016

masih ceria di tanggal tua


pernah liat meme lucu deh tulisannya begini

"tanggal muda : keluarga cendana
tanggal tua : keluarga cemara"

kira-kira ngerti dong maksudnya gimana. memang begitu sih ya yang dialami kebanyakan dari kita. tapi bukannya tidak mungkin kalo kita tetap bisa sejahtera sepanjang bulan, walaupun penghasilan pas-pasan *tsaah.
berikut sedikit cerita saya seputar mengelola keuangan yang bisa saya bagi berdasarkan pengalaman. dengan catatan di sini saya adalah seorang karyawati mendapat gaji rutin bulanan, belum menikah dan masih tinggal di rumah orang tua. dan mungkin tips ini juga bisa diikuti kamu kamu yang masih mahasiswa, kata gaji di sini bisa disama artikan dengan uang bulanan yang kamu dapatkan dari orangtuamu setiap bulannya.

selepas gajian langsung bayarkan tagihan-tagihan wajib, seperti asuransi, jika kamu sudah tinggal di rumah sendiri/kontrakan mungkin tagihan yang harus dibayar di awal bulan itu antara lain listrik, air bersih dan sewa kontrakan.

jangan tergoda membeli barang yang bisa dibeli dengan angsuran alias nyicil hehehe cewek-cewek nih biasanya, kredit panci kredit toples,, apalagi kalo sebenarnya kamu bisa membeli barang itu hanya dengan menabung dalam waktu singkat. kalau dananya belum cukup atau kalau sebenernya enggak ada budget belanja pada waktu itu sebisaa mungkiin jangan berhutang, itu hanya akan membebani pengeluaran bulanan juga nambah-nambahin beban pikiran. lebih baik nabung dulu daripada berhutang, apalagi buat yang gajinya pas-pasan. lalu gimana mbak dengan kredit rumah? secara bakalan lama banget kalau ingin membeli tapi lewat jalan nabung dulu setiap bulannya, hmmm *bahasannyaberat, bisa dipertimbangkan.. kalau saya sih jujur merasa belum mampu untuk mengangsur rumah, tapi kepikiran aja siapa tau ada yang bertanya (sebenernya dalam hati sih juga pengen). oia saya sarankan jangan pernah terpikir untuk menggunakan kartu kredit ya.

aturlah pola berbelanjamu, jangan foya foya di awal bulan/pas gajian. usahakan berbelanja bulanan di akhir bulan (tanggal tua), loh loh kenapa? karena lebih dekat dengan tanggal gajian, jadi kalaupun uangmu terkuras banyak, jaraknya akan lebih dekat ke tanggal gajian berikutnya sehingga nggak bakalan ngerasa bokek dalam jangka waktu yang panjang. kalau kamu gajian di tanggal 1 berarti "tanggal tua" kamu itu sekitar tanggal 20 ke atas, kalau gajian di tanggal 25 mungkin berarti tanggal tua kamu sekitar tanggal 15 ke atas. biasakan nge-list barang belanjaan, jangan pergi ke pasar/supermarket tanpa catatan. belilah produk dengan kemasan hemat (kemasan jumbo atau ukuran besar) ini akan menghemat pengeluaran kamu di bulan berikutnya, tapi juga jangan maksain kalo satu waktu budgetnya terbatas.

bawalah uang cash secukupnya, se cu kup nya. trik jitu untuk membatasi jajan tanpa terencana.

hindari hangout di awal atau di pertengahan bulan (kecuali ada temen yang traktir hihi), karena agak mustahil hangout tanpa jajan/wisata kuliner juga kan, ingat! hemat beib :D tapi kalo hangoutnya di warung gorengan yaa ga masalah lah ya hehe. tujuan kita adalah tetap sejahtera walau di tanggal tua haha. jangan terlalu sering makan di luar rumah apalagi di restoran, tapi kalo lagi ngidam pengen makan apa gitu beli aja yah, soal makanan jangan di tahan-tahan kalo ada uangnya ya beli aja, dengan syarat cuma kalau kamu kepinginnya banget bangetan aja. sebisa mungkin selalu masak nasi sendiri di rumah (lebih bagus lagi sesekali bisa masak lauk dan sayurnya) jadi kalo mau makan tinggal beli lauk/sayur. untuk yang kerja kantoran tapi nggak sempet pulang pas ishoma, bawa bekal deh, walaupun cuma nasinya doang (hidup nasi!), paling enggak pengeluaran kita jadi lebih irit kan.

targetkan menabung setiap bulan walaupun sedikitt, uang untuk ditabung bisa disisihkan dari sisa gaji (yang tidak digunakan) pada bulan itu. alasan menabung itu bukan cuma karena ada barang yang ingin dibeli atau ingin liburan, tapi sadarlah sewaktu-waktu mungkin ada dana tak terduga yang harus terpaksa kita keluarkan. malahan pernah saya baca dari artikel seseorang, selain uang yang untuk ditabung ia juga mengalokasikan dana tak terduga di luar dari tabungan, tapi kalo dilihat penghasilannya gede sih jadi bisa lebih banyak menyisihkan gajinya.

sedekah, jangan lupa bersedekah walaupun cuma 100 perak (lebih bagus lagi 100 emas *garing). teringat satu pesan : jangan tunggu kaya baru sedekah. ada hak saudara kita loh disitu dan wujud dari rasa syukur kita karena sudah diberi nikmat kecukupan. semoga rezeki kita berkah aamiin. 

kuncinya berhemat di awal bulan dan berbelanja di akhir bulan. boleh saja mengeluarkan pengeluaran di awal-tengah bulan hanya jika ada keperluan yang sangat mendesak, kalau saya sih biasanya karena kehabisan pulsa/paket internet. nah karena sudah berhemat dari awal, jadi kamu tidak akan merasakan getirnya tanggal tua lagi *hiphiphoray. pada akhirnya semuanya tergantung dari kejelian kita mengatur pengeluaran juga mengendalikan nafsu belanja.

dengan sendirinya tujuan saya berhemat di awal bulan bukan karena ingin 'sejahtera' sampai akhir bulan lagi atau pengen shopping, tapi ya karena ingin hidup hemat aja *aseek, jadi lebih banyak sisa gaji yang bisa ditabung, syukur syukur kalo kamu bisa kasih sebagian ke orang tua *terharu. emm tapi nggak jarang juga sih uang yang sudah ditabung dialirkan lagi ke rekening sist sist online shop hihi. ah sekali-sekali gapapa lah ya, asalkan barang yang dibeli tepat manfaat *pembelaan.

sekian, semoga bisa membantu, lain kali balik lagi ya :)

Sabtu, 24 September 2016

udara pagi


Bahagia itu... saat diri ini tenang, merasa cukup, penuh syukur, tersenyum atas kesedehanaan :)

Senin, 05 September 2016

revlon colorstay foundation


Foundation merk luar pertama yang saya miliki. Sudah pake dari tahun 2013 sampe sekarang. Ceritanya waktu itu mau yudisium dan wisuda tapi pengen make up sendiri aja *pede ruarr biasa. Jadilah saya berburu alat make up di pasar. Ini adalah rekomendasi salah satu teman saya. Eh tapi malah teman saya itu yang sekarang bilang ini oxidized, lahh -.-''

Anyway, saya suka foundation ini, ya iyalah masih repurchase. Foundation Revlon Colorstay ini diklaim bisa tahan 24 jam, wow, tapi kalo saya sih cuma pake 3-5 jam doang itupun cuma pas kondangan. Saya pilih yang untuk combination/oily skin. Bagusnya foundation ini tuh kalo di wajah saya, dia lama kelamaan makin siang makin nempel di kulit. Cukup bisa nahan minyak, tapi siangan tetep akan muncul sih sedikit minyak di wajah saya, taapii justru berkat wajah saya sudah oily penampakan foundation ini akan lebih natural di wajah saya, aneh juga ya saya malah mensyukuri hal itu, alhamdulillah (padahal sebenernya komentar temen sampai siang muka saya enggak berminyak loh, foundation super). Kulit jadi halus dan membuat pori-pori tampak mengecil. Untuk coveragenya saya rasa sih masih tingkat medium, soalny noda hitam jerawat masih perlu ditutupi dengan concealer.

Pas awal beli saya pilih nomor 200 natural beige, dikarenakan stok toko yang terbatas. Saat itu merasa cocok-cocok saja. Tapi pas repurchase berikutnya saya baru nemu shade nomor 300 golden beige, nahh yang ini lebih cocok untuk undertone yellow. Lucunya saya memutuskan memilih golden beige itu awalnya bukan karena alasan lebih cocok tapi juga karena stok yang terbatas alias shade sebelumnya kosong, takdir telah mempertemukan kitah golden beige *.*

Foundation ini ber-spf 15 cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain untuk jenis kulit combination/oily, revlon colorstay juga menawarkan foundation untuk kulit normal/dry. Tapi yang lebih best seller adalah foundation untuk kulit berminyaknya. Apabila kita mengetik ''rekomendasi foundation untuk kulit berminyak" di search engine, maka revlon colorstay akan muncul di deretan daftar rekomendasi tersebut.

Untuk kemasannya saya sih nggak masalah kalo botol nya terbuat dari kaca, karena toh saya juga jarang traveling. Tujuan dari botol kaca ini juga pasti untuk menjaga kualitas dari foundationnya. Minusnya nih, mulut botolnya terlalu besar jadi susah memperkirakan cairan yang ingin dikeluarkan. Taapiii update terbaru pertengahan tahun ini kemasannya sudah ganti menjadi sistem pump, jadi bakalan lebih mudah dan higienis, akhirnya revlon menjawab kegundahan konsumennya.

Rasanya saya belum tertarik untuk mencoba foundation merk lain. Karena ini dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan ber-makeup saya. Sekian dulu reviewnya, lain kali balik lagi yaa :)