Rabu, 12 April 2017

ngobrol singkat bareng dr.spkk

oh hai, balik lagi ke blog yang random namun semoga bermanfaat.
kali ini bukan tulisan berparagraf melainkan hanya petikan wawancana (?)-obrolan casual bersama seorang dokter Spkk.

Jerawat pasir
s: dok di jidat saya ini banyak jerawat deh kecil-kecil segede pasir tapi nggak meradang, nggak pernah mulus *ekspresi sedih, padahal rasa-rasanya cuci mukanya sudah bener, trus karena nggak meradang jadi nggak saya oles obat jerawat
d: coba saya liat, oh itu komedo
s: itu gara-gara kenapa ya dok?
d: ya karena kamu sudah dewasa
s: eh? (bingung)
d: orang dewasa nggak cuma memproduksi keringat tapi juga minyak/sebum. nah pori-pori yang biasa cuma cukup untuk dilewatin keringat juga harus dilewatin sama si minyak. tapi si minyak ini kadang bebal, menumpuk lalu mengeras di pori-pori jadinya membentuk komedo
s: trus bisa diobatin kah?
d: bisa sih dikasih krim anti acne. Eh tapi nggak usah lah
s: loh?
d: kamu beruntung jidat kamu cuma dikasih acne tipe begitu doang bukan yang merah-merah meradang
....
s: hmm
ini dokter apa temen siih? 😍

Sunblock
s: sunblock itu perlu nggak sih dok?
d: perlu, itu perawatan paling minimal untuk wajah. emang kenapa?
s: nggak itu dok liat di internet kayak kontroversi gitu, ada yang bilang penting untuk selalu dipake, ada yang bilang nggak perlu kalo nggak lama kena mataharinya
d: berada di dalam rumah aja sebaiknya juga pake sunblock loh. soalnya wajah kita menua itu salah satunya karena faktor paparan sinar matahari, selain dari faktor genetik&asupan makanan
s: kalo jumlah spf nya?
d: minimal spf 30. tapi untuk bagian yang terbuka aja (kalo kamu berjilbab ya cuma wajah, bisa juga tangan) dan harus diulang penggunaannya setiap 2 jam sekali

Mengecilkan pori
s: pori-pori itu bisa dikecilkan nggak sih dok?
d: bisa dengan laser
s: ooh jadi bisa, kalo dengan cari lain?
d: bisa sih dengan obat/krim tapi mungkin prosesnya bakalan bertahun-tahun. emang pori-pori muka kamu gede apa?
s: sepertinya sih begitu
d: ah enggak ah. lah berarti pori-pori saya juga gede dong kalo kamu bilang begitu. tapi ukuran pori-pori relatif sih ya tergantung perasaan masing-masing hihi *eh si dokter becanda. jadi cara kerja laser ataupun krim tadi akan mengecilkan ukuran kelenjar sebum sehingga tampilan pori juga akan mengecil

ps: baru kali ini ketemu dokter yang nggak cuma ramah tapi juga asik, welcome banget bisa nanya banyak ^^

sekian info yang nampak berfaedah kali ini, lain kali balik lagi yaa :)

0 komentar:

Posting Komentar