Selasa, 27 September 2016

masih ceria di tanggal tua


pernah liat meme lucu deh tulisannya begini

"tanggal muda : keluarga cendana
tanggal tua : keluarga cemara"

kira-kira ngerti dong maksudnya gimana. memang begitu sih ya yang dialami kebanyakan dari kita. tapi bukannya tidak mungkin kalo kita tetap bisa sejahtera sepanjang bulan, walaupun penghasilan pas-pasan *tsaah.
berikut sedikit cerita saya seputar mengelola keuangan yang bisa saya bagi berdasarkan pengalaman. dengan catatan di sini saya adalah seorang karyawati mendapat gaji rutin bulanan, belum menikah dan masih tinggal di rumah orang tua. dan mungkin tips ini juga bisa diikuti kamu kamu yang masih mahasiswa, kata gaji di sini bisa disama artikan dengan uang bulanan yang kamu dapatkan dari orangtuamu setiap bulannya.

selepas gajian langsung bayarkan tagihan-tagihan wajib, seperti asuransi, jika kamu sudah tinggal di rumah sendiri/kontrakan mungkin tagihan yang harus dibayar di awal bulan itu antara lain listrik, air bersih dan sewa kontrakan.

jangan tergoda membeli barang yang bisa dibeli dengan angsuran alias nyicil hehehe cewek-cewek nih biasanya, kredit panci kredit toples,, apalagi kalo sebenarnya kamu bisa membeli barang itu hanya dengan menabung dalam waktu singkat. kalau dananya belum cukup atau kalau sebenernya enggak ada budget belanja pada waktu itu sebisaa mungkiin jangan berhutang, itu hanya akan membebani pengeluaran bulanan juga nambah-nambahin beban pikiran. lebih baik nabung dulu daripada berhutang, apalagi buat yang gajinya pas-pasan. lalu gimana mbak dengan kredit rumah? secara bakalan lama banget kalau ingin membeli tapi lewat jalan nabung dulu setiap bulannya, hmmm *bahasannyaberat, bisa dipertimbangkan.. kalau saya sih jujur merasa belum mampu untuk mengangsur rumah, tapi kepikiran aja siapa tau ada yang bertanya (sebenernya dalam hati sih juga pengen). oia saya sarankan jangan pernah terpikir untuk menggunakan kartu kredit ya.

aturlah pola berbelanjamu, jangan foya foya di awal bulan/pas gajian. usahakan berbelanja bulanan di akhir bulan (tanggal tua), loh loh kenapa? karena lebih dekat dengan tanggal gajian, jadi kalaupun uangmu terkuras banyak, jaraknya akan lebih dekat ke tanggal gajian berikutnya sehingga nggak bakalan ngerasa bokek dalam jangka waktu yang panjang. kalau kamu gajian di tanggal 1 berarti "tanggal tua" kamu itu sekitar tanggal 20 ke atas, kalau gajian di tanggal 25 mungkin berarti tanggal tua kamu sekitar tanggal 15 ke atas. biasakan nge-list barang belanjaan, jangan pergi ke pasar/supermarket tanpa catatan. belilah produk dengan kemasan hemat (kemasan jumbo atau ukuran besar) ini akan menghemat pengeluaran kamu di bulan berikutnya, tapi juga jangan maksain kalo satu waktu budgetnya terbatas.

bawalah uang cash secukupnya, se cu kup nya. trik jitu untuk membatasi jajan tanpa terencana.

hindari hangout di awal atau di pertengahan bulan (kecuali ada temen yang traktir hihi), karena agak mustahil hangout tanpa jajan/wisata kuliner juga kan, ingat! hemat beib :D tapi kalo hangoutnya di warung gorengan yaa ga masalah lah ya hehe. tujuan kita adalah tetap sejahtera walau di tanggal tua haha. jangan terlalu sering makan di luar rumah apalagi di restoran, tapi kalo lagi ngidam pengen makan apa gitu beli aja yah, soal makanan jangan di tahan-tahan kalo ada uangnya ya beli aja, dengan syarat cuma kalau kamu kepinginnya banget bangetan aja. sebisa mungkin selalu masak nasi sendiri di rumah (lebih bagus lagi sesekali bisa masak lauk dan sayurnya) jadi kalo mau makan tinggal beli lauk/sayur. untuk yang kerja kantoran tapi nggak sempet pulang pas ishoma, bawa bekal deh, walaupun cuma nasinya doang (hidup nasi!), paling enggak pengeluaran kita jadi lebih irit kan.

targetkan menabung setiap bulan walaupun sedikitt, uang untuk ditabung bisa disisihkan dari sisa gaji (yang tidak digunakan) pada bulan itu. alasan menabung itu bukan cuma karena ada barang yang ingin dibeli atau ingin liburan, tapi sadarlah sewaktu-waktu mungkin ada dana tak terduga yang harus terpaksa kita keluarkan. malahan pernah saya baca dari artikel seseorang, selain uang yang untuk ditabung ia juga mengalokasikan dana tak terduga di luar dari tabungan, tapi kalo dilihat penghasilannya gede sih jadi bisa lebih banyak menyisihkan gajinya.

sedekah, jangan lupa bersedekah walaupun cuma 100 perak (lebih bagus lagi 100 emas *garing). teringat satu pesan : jangan tunggu kaya baru sedekah. ada hak saudara kita loh disitu dan wujud dari rasa syukur kita karena sudah diberi nikmat kecukupan. semoga rezeki kita berkah aamiin. 

kuncinya berhemat di awal bulan dan berbelanja di akhir bulan. boleh saja mengeluarkan pengeluaran di awal-tengah bulan hanya jika ada keperluan yang sangat mendesak, kalau saya sih biasanya karena kehabisan pulsa/paket internet. nah karena sudah berhemat dari awal, jadi kamu tidak akan merasakan getirnya tanggal tua lagi *hiphiphoray. pada akhirnya semuanya tergantung dari kejelian kita mengatur pengeluaran juga mengendalikan nafsu belanja.

dengan sendirinya tujuan saya berhemat di awal bulan bukan karena ingin 'sejahtera' sampai akhir bulan lagi atau pengen shopping, tapi ya karena ingin hidup hemat aja *aseek, jadi lebih banyak sisa gaji yang bisa ditabung, syukur syukur kalo kamu bisa kasih sebagian ke orang tua *terharu. emm tapi nggak jarang juga sih uang yang sudah ditabung dialirkan lagi ke rekening sist sist online shop hihi. ah sekali-sekali gapapa lah ya, asalkan barang yang dibeli tepat manfaat *pembelaan.

sekian, semoga bisa membantu, lain kali balik lagi ya :)

3 komentar:

Subhan Alamsyah mengatakan...

Tambahan dikit, "jangan remehkan recehan 500 & 1000". (Pengalaman pribadi.. hehehe)

dwinur janreza mengatakan...

karena begitu berarti lah di keadaan genting hehe

Subhan Alamsyah mengatakan...

Sempat ga sengaja ke kumpul hampir sejuta dalam bentuk receh. Terus dengan PD nya nyetor ke bank pakai receh...

Posting Komentar